Libur Akhir Tahun, Penyeberangan Selat Bali Ramai Dipadati Penumpang

0
300
Berita Banyuwangi, jenggirat tangi, info banyuwangi, seputar banyuwangi, info banyuwangi terbaru, berita banyuwangi terbaru, pariwisata banyuwangi, iklan banyuwangi, promosi banyuwangi, pasang iklan banyuwangi, kirim berita banyuwangi, berita unik banyuwangi, wisata banyuwangi,

Jakarta – Liburan akhir tahun 2016, penyeberangan lintas Selat Bali ramai dipadati ratusan ribu penumpang yang akan menuju ke Pulau Bali dan sebaliknya.

Dari total data produksi dalam sepekan terakhir, jumlah penumpang yang melintasi perairan Selat Bali berjumlah hampir 450 ribu orang. Jumlah tersebut didapat dari dua perlintasan pelabuhan, yaitu Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Meski begitu, PT ASDP Ketapang, Banyuwangi mencatat lebih banyak penumpang yang menyerbu Pulau Dewata ketimbang arus menuju ke Pulau Jawa.

“Total yang telah diseberangkan dari H-7 sampai dengan hari H, dari Pelabuhan Ketapang penumpang berjumlah 239.368 dan yang masuk ke Pulau jawa 205.781 orang. Lebih banyak ke Bali,” jelas Manager Usaha PT. ASDP Ketapang, Banyuwangi, Ardhi Ekapati, Senin (26/12/2016).

Lonjakan selanjutnya juga terpantau dari pengguna kendaraan roda dua (R-2) dan roda empat (R-4). Total R-2 yang melintas sebanyak hampir 36 ribu dan R-4 sebanyak 37.735 unit.

Menambah pelayanan bagi pengguna angkutan laut, selain mengoperasikan 42 kapal, PT. ASDP Ketapang Banyuwangi juga mewajibkan kapal melakukan percepatan proses bongkar muat. Yang awalnya 38 menit menjadi 32 menit.

“Dengan mengefisienkan proses bongkar muat maka trip trip perjalanan di lintas Selat Bali semakin banyak,” imbuh Ardhi.

Meski tercatat terjadi kenaikan di seluruh sektor pengguna jasa, sambung Ardhi, kepadatan arus pengguna jasa periode angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 terpantau tidak ada antrean.

Tidak ada penumpukan kendaraan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan arus angkutan kendaraan terpantau lancar. Hal itu terjadi lantaran libur panjang tahun ini berbarengan dengan libur anak sekolah. Sehingga kepadatan bisa terdistribusi merata pada akhir pekan ini.

“Pelabuhan Ketapang lancar,” singkatnya.

Setelah melewati puncak arus natal, puncak arus liburan diprediksi akan mulai terjadi kembali pada 30-31 Desember 2016. Sedangkan puncak arus balik liburan diprediksi pada tanggal 2-3 Januari 2017, dan 8 Januari 2017.

Salah satu pengguna angkutan jasa laut, Hari Prasetiawan, warga Situbondo mengaku perjalanan mereka ke Pulau Bali ketika menyeberang melalui Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi terbilang lancar. Kendaraan pribadi roda empat yang ia kendarai bersama keluarga juga tak perlu berlama-lama ketika menunggu antrean kapal yang akan sandar di dermaga. Menurutnya, musim liburan kali ini tidak ada antrean panjang yang terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Perkiraan awal tak kirain antre, ternyata sampai sini (Pelabuhan Ketapang) ya ramai, tapi lancar. Tadi emang sempet nunggu sebentar, tapi cuma nunggu kapal yang mau sandar, langsung naik,” pungkasnya.