JK Resmikan Pabrik Semen dan Terminal LPG Bosowa di Banyuwangi Rp 2 T

0
503
Berita Banyuwangi, jenggirat tangi, info banyuwangi, seputar banyuwangi, info banyuwangi terbaru, berita banyuwangi terbaru, pariwisata banyuwangi, iklan banyuwangi, promosi banyuwangi, pasang iklan banyuwangi, kirim berita banyuwangi, berita unik banyuwangi, wisata banyuwangi,

Banyuwangi – Bosowa Group hari ini meresmikan pabrik semen dan terminal LPG yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Peresmian dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Dalam sambutannya, JK mengatakan pentingnya keberadaan pabrik semen dan terminal LPG Bosowa ini.

“Semen adalah kebutuhan pokok pembangunan dan LPG adalah kebutuhan rumah tangga. Saya menyambut baik pembangunan pabrik semen dan terminal LPG Bosowa ini,” kata JK, saat acara peresmian di Banyuwangi, Kamis (15/12/2016).

Pabrik semen BosowaFoto: Wahyu Daniel
Pabrik semen Bosowa di Banyuwangi

Dalam acara ini hadir pula Founder Bosowa Aksa Mahmud, Chairman Bosowa, Erwin Aksa dan juga CEO Bosowa, Sadikin Aksa. JK dalam acara ini didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang.

Kemudian, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Ahmad Baiquni, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Dalam sambutannya, Erwin mengatakan, luas lahan pabrik semen dan terminal LPG ini mencapai 20 hektar.

Pabrik semen BosowaFoto: Wahyu Daniel
Pabrik semen Bosowa di Banyuwangi

“Pabrik penggilingan semen ini berkapasitas 1,8 juta per tahun. Atau sekitar 5.500 ton per hari,” kata Erwin.

Saat ini utilisasi pabrik semen ini sebesar 70%. Pabrik semen ini dilengkapi dengan pelabuhan laut dalam, untuk tempat sandar kapal yang mengirim bahan baku impor. Sebanyak 70% bahan baku semen diimpor.

“Pabrik semen dibangun 1,5 tahun dengan teknologi dari Jerman dan kontraktornya PT PP,” imbuh Erwin.

Pabrik semen BosowaFoto: Wahyu Daniel
Pabrik semen Bosowa di Banyuwangi

Sementara terminal LPG yang dibangun di samping ya memiliki kapasitas 4 x 2.500 ton. Ada empat tabung tangki pada terminal LPG ini. Terminal LPG ini juga dilengkapi oleh pelabuhan.

“Kami berterima kasih kepada Bank Mega dan BNI yang memberikan kredit untuk proyek ini,” ujar Erwin.

Adapun total nilai investasi proyek ini adalah Rp 2 triliun. Sebesar Rp 1,2 triliun untuk semen dan sisanya untuk terminal LPG. Ada sekitar 300 pekerja yang diperkerjakan di proyek ini.

JK Resmikan Pabrik Semen dan Terminal LPG Bosowa di Banyuwangi Rp 2 TFoto: Wahyu Daniel
Pabrik semen dan terminal LPG Bosowa di Banyuwangi

Proyek ini menyasar distribusi untuk Jawa Timur dan Bali. Pabrik semen ini adalah pabrik semen ketiga yang dibangun Bosowa. Pabrik semen Bosowa di Banyuwangi ini sudah beroperasi sejak Juni 2016.

Untuk terminal LPG di Banyuwangi ini adalah yang kedua milik Bosowa, dan telah beroperasi sejak Oktober 2016.

Pabrik semen dan terminal LPG Bosowa di BanyuwangiFoto: Wahyu Daniel
Pabrik semen dan terminal LPG Bosowa di Banyuwangi
[sumber.detikcom]