Alihkan Keinginan Merokok Dengan Cara Ini

0
336
Berita Banyuwangi, jenggirat tangi, info banyuwangi, seputar banyuwangi, info banyuwangi terbaru, berita banyuwangi terbaru, pariwisata banyuwangi, iklan banyuwangi, promosi banyuwangi, pasang iklan banyuwangi, kirim berita banyuwangi, berita unik banyuwangi, wisata banyuwangi,
Berita Banyuwangi, jenggirat tangi, info banyuwangi, seputar banyuwangi, info banyuwangi terbaru, berita banyuwangi terbaru, pariwisata banyuwangi, iklan banyuwangi, promosi banyuwangi, pasang iklan banyuwangi, kirim berita banyuwangi, berita unik banyuwangi, wisata banyuwangi,

Merokok merupakan salah satu penyebab seseorang menderita epilepsi, serangan jantung, dan kanker paru-paru. Karena itu, berhenti merokok menjadi pilihan yang baik agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Namun, memutuskan untuk berhenti merokok, tentunya bukan perkara mudah. Anda mungkin seringkali tidak tahan godaan. Tips berikut ini akan membantu Anda untuk berhenti merokok.

Buat daftar kebutuhan

Mulailah menabung, terutama menabung uang yang tadinya sering Anda gunakan untuk membeli rokok. Dari tabungan tersebut Anda dapat mengetahui seberapa besar uang yang telah Anda keluarkan selama ini demi puntung-puntung rokok. Nah, ada baiknya bila uang-uang yang Anda tabung dialokasikan untuk membeli barang-barang jauh lebih Anda butuhkan. Jangan lupa, buat skala prioritas agar Anda tidak menjadi boros.

Hindari kopi dan alkohol

Minuman yang mengandung kafein bisa memicu Anda untuk menjadi stres dan menaikkan tekanan darah. Beberapa orang yang melepaskan stres dengan cara merokok harus mulai berusaha untuk mengurangi dan menghindari kopi dan alkohol. Alkohol bisa menghilangkan konsentrasi, bahkan kesadaran seseorang. Maka besar pula kemungkinan seseorang menjadi merokok setelah minum alkohol

Minum air dingin

Alihkan keinginan Anda untuk merokok dengan meminum air dingin menggunakan sedotan. Tindakan tersebut mampu menggantikan kegiatan Anda yang dulunya mengisap  rokok. Minum menggunakan sedotan juga dapat membantu meleaskan dopamine sehingga dapat meringankan suasana hati.

Makan

Ketika Anda tertarik untuk merokok, masukanlah makanan ke dalam mulut Anda. Makanan manis seperti permen, cokelat, atau makanan berat sekalipun bisa membuat pikiran Anda teralih dari rokok. Jangan lupa untuk memilih makanan-makanan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kebugaran dan menjauhkan Anda dari penyakit berbahaya lain yang mengintai.

Sikat gigi

Sikatlah gigi Anda minimal dua kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut Anda. Menyikat gigi dipercaya pula mampu menghilangkan bau tak sedap dan mengurangi keinginan untuk merokok. Jadi, jangan lupa untuk menyikat gigi dan mulut Anda hingga bersih pada saat sehabis makan dan sebelum tidur.

Berpikir positif

Perasaan marah, sedih, dan depresi merupakan hal yang dapat memicu seseorang menjadi perokok atau kembali merokok. Ubahlah cara pandang Anda terhadap sesuatu dan berpikir positif. Pikiran positif bisa mengalihkan perhatian dan perasaan buruk Anda menjadi sesuatu yang lebih bisa menyemangati Anda. Pemikiran yang positif juga bisa Anda dapatkan dengan bercerita dan berbagi dengan orang lain dan mencari dan memulai pertemanan dalam lingkungan sehat.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf
[sumber.meetdoctor]